PROGRAM DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SAUNG TAHFIDZ ASY-SYAFI’I KOTA BENGKULU

Fransiska, Marta (2019) PROGRAM DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) SAUNG TAHFIDZ ASY-SYAFI’I KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MARTA FRANSISKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program dan pelaksanaan pendidikan tahsin di TPQ Saung Tahfidz Asy-Syafi’i Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program dan pelaksanaan pendidikan tahsin di TPQ Saung Tahfidz Asy-Syafi’i Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan, dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Program pendidikan tahsin di TPQ Saung Tahfidz Asy-Syafi’i Kota Bengkulu terdiri dari penentuan tujuan pendidikan, perumusan kurikulum pendidikan, penyusunan tata tertib pembelajaran, dan penyusunan jadwal pelaksanaan pembelajaran tahsin. Sedangkan pelaksanaan pendidikan tahsin di TPQ ini yaitu bahwa proses pembelajaran tahsin menggunakan buku tahsin tingkat satu, tahsin tingkat dua dan buku mutqin, dengan metode pembelajaran yaitu metode drill (latihan), dan strategi pembelajarannya yaitu dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar santri tidak merasa bosan dalam pembelajaran tahsin; 2) Faktor pendukung program dan pelaksanaan pendidikan tahsin di TPQ Saung Tahfidz Asy-Syafi’i Kota Bengkulu terdiri dari: komitmen guru yang bekerja dengan ikhlas, sikap disiplin dan tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya, adanya sumbangan untuk kegiatan pendidikan al-Qur’an di TPQ, dan adanya sarana dan prasarana yang telah memadai untuk proses pembelajaran tahsin. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari: siswa yang tidak rutin hadir sehingga menyebabkan lambatnya pencapaian target pembelajaran tahsin yang harus dicapai, serta lingkungan sekitar yang kurang mendukung dikarenakan masyarakat masih menganggap aneh terkait dengan metode pembelajaran al-Qur’an yang diterapkan di TPQ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program, Pendidikan Al-Qur’an, TPQ.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:47
Last Modified: 16 Sep 2019 02:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item