PERBEDAAN MODEL KUMON DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 67 KOTABENGKULU

Indah Saputri, Frisca (2019) PERBEDAAN MODEL KUMON DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 67 KOTABENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FRISKA INDAH SAPUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model kumon dengan model direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis ekspeimen desain penelitiannya adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu dilakukan sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 43 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu III B sebagai kelas eksperimen dan III A sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian (esai). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 2,39 dan nilai ttabel sebesar 2,019 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung=2,39 ˃ ttabel = 2,019 dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan model kumon dengan model direct instruction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 67 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model kumon, model direct instriction, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 00:58
Last Modified: 17 Sep 2019 00:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item