UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DI KELAS V SD NEGERI 14 KEPAHIANG

Helmida, Heti (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DI KELAS V SD NEGERI 14 KEPAHIANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
HETI HELMINDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang penulis laksanakan, permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah apakah pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 14 Kepahiang. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) di Kelas V SD Negeri 14 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Kepahiang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar dan pada akhirnya penguasaan siswa tentang materi IPS di Kelas V SD Negeri 14 Kepahiang dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan adanya peningkatan penguasaan siswa tentang materi IPS, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 30,7%, 38% dan 100%. Di samping itu peneliti juga melihat dari hasil observasi guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Dimana nilai yang diperoleh dari hasil observasi guru pada siklus I yaitu 16 dan siklus II yaitu 41, sedangkan skor observasi siswa pada siklus I yaitu 15 dan pada siklus II yaitu 30. Dengan demikian tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:04
Last Modified: 17 Sep 2019 01:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item