PERBANDINGAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DAN MODEL TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 27 SELUMA

Zesta, Rinda (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DAN MODEL TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 27 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RINDA ZESTA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar IPA SD Negeri 27 Seluma. Hal ini di sebabkan model pembelajaran yang diterapkan masih konvensional. Hasil belajar IPA masih rendah dan belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Talking Stick dan Model Time Token Pada Mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan B dengan tehnik penggumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan dokumentasi. Tennik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Dengan demikian thitung > ttabel ( 2,687 > 2,024 ) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat perbedaan Terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan yang menggunakan model Time Token di Kelas IV SD Negari 27 Seluma, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Perbandingan hasil belajar pre test siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas ialah 53,39 meningkat menjadi 74,55 pada saat post test. Sedangkan hasil belajar pre test siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas ialah 59,25 juga meningkat menjadi 67,59 pada saat post test. nilai rata-rata post test hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Talking Stick lebih tinggi dari dibandingkan dengan hasil rata-rata post test pada kelas kontrol yang menggunakan Time Token.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Model Time Token, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:26
Last Modified: 17 Sep 2019 01:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item