PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MI NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Susanti, Eva (2019) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MI NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
EVA SUSANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengelolaan kelas guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MI Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menurut Sugiyono metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah empat puluh tujuh orang. Dengan demikian, jumlah seluruh populasi sebagai sampel berjumlah 47 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas guru terhadap motivasi belajar siswa fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 0,05 yang artinya ditolak atau diterima. Dan terdapat pengaruh yang berarti, pada taraf signifikan = 0,05 dikatakan berarti, karena hasil perhitungan tersebut didapat koefisien korelasi (R) = 0,307. Kedua, Terdapat pengaruh yang berarti pengelolaan kelas fiqih terhadap hasil belajar siswa bidang studi fiqih. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 0,05 yang artinya ditolak atau diterima. Dan terdapat pengaruh yang berarti, pada taraf signifikan = 0,05 dikatakan berarti, karena hasil perhitungan tersebut didapat koefisien korelasi (R) = 0,554. Ketiga, Terdapat pengaruh pengelolaan kelas guru fiqih terhadap terhadap motivasi dan hasil belajar siswa . Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t (X1) yaitu nilai sig 0,021 0,05 dan (X2) yaitu nilai sig 0,004 0,05 yang artinya ditolak atau diterima. Dan terdapat pengaruh yang berarti, pada taraf signifikan = 0,05 dikatakan berarti, karena hasil perhitungan tersebut didapat koefisien korelasi (R) = 0,554 yang jika dilihat pada tabel interpretasi koefisiensi korelasi terletak di antara 0,400 – 0,700 merupakan pengaruh yang cukup antara varibel pengelolaan kelas guru fiqih secara bersamasama terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kelas, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:20
Last Modified: 17 Sep 2019 02:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item