PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SUMBER HARTA KECAMATAN SUMBER HARTA KABUPATEN MUSI RAWAS

Oktaviyani, Eka (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SUMBER HARTA KECAMATAN SUMBER HARTA KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
EKA OKTAVIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik acak (random sampling). Dan dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dari jawaban angket sebanyak 11 siswa dari 20 responden (55%) berada pada kategori sedang. (2) Perilaku akademik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dari jawaban angket sebanyak 20 siswa dari 20 responden (100%) berada pada kategori sedang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi pendidikan karakter terhadap perilaku akademik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel, baik pada taraf signifikan 5% (2,101) maupun pada taraf signifikan 1% (2,878). Diperoleh thitung 5,582 dengan N=20 pada derajat signifikan 0,05 (5%) sebesar 2,101 dan pada derajat signifikan 0,01 (1%) sebesar 2,878, dengan demikian thitung > ttabel atau 5,582 > 2,101 > 2,878, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Perilaku Akademik Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:49
Last Modified: 17 Sep 2019 02:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3515

Actions (login required)

View Item View Item