PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 SELUMA

Utika, Yuti (2019) PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
YUTI UTIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Seluma dan usaha-usaha yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi problematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Reseach) yang menggunakan metode deskriftif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan teknik triangulasi sumber, kemudian disajikan dalam bentuk deskriftif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan siswa kelas XI IPS 1. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu kedisiplinan siswa masih kurang, keaktifan siswa masih kurang, keingintahuan siswa masih sangat rendah, dan masih kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran, maka dari itu perlunya upaya-upaya dari sekolah dalam mengatasi segala problematikan agar teratasi dan memberikan arahan dan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad yusrizal amwa
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:58
Last Modified: 17 Sep 2019 02:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item