PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 SELUMA

Ratna Sari, Nia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NIA RATNA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penempatan model pembelajaran Diskursus multy Reprecentacy dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A SMPN 03 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemiss dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 03 Seluma. Sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode Diskursus multy Reprecentacy dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 30%, siklus I meningkat menjadi 63% dan siklus II meningkat menjadi 87%. Adapun hasil observasi guru pada siklus satu mendapatkan skor 33 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada silkus dua sebesar 54 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus satu mendapatkan 26 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus dua sebesar 33 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode DMR, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:02
Last Modified: 07 Oct 2019 02:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item