Satryawan, Dodi (2019) PENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DODI SATRYWAN S.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan di SMP Negeri 2 Bengkulu Utara, yaitu kurangnya sikap religius siswa dalam mengerjakan tugas sekolah, siswa kurang bertanggung jawab dalam membereskan buku pelajaran setelah selesai belajar, siswa kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan jarang sekali menggunakan media pembelajaran, siswa juga kurang berminat dengan kegiatan yang bersifat keagamaan seperti pesantren kilat, solat berjamaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap karakter religius siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi.Dalam Penelitian ini ada dua Variabel yaitu Variabel X (Pengaruh Multimedia) dan Variabel Y (Karakter Religius). Populasi Penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 147 siswa, dari kelas VII.A sampai kelas VII.E dan sampel penelitian ini , yaitu 31 siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas VII.E sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dari data yang telah diperoleh nilai t dibandingkan dengan dk = N1+N2 – 2 = 27+27 – 2 = 52. Dengan dk = 52, dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka ttabel = 2,006. Dengan demikian, thitung > ttabel (26,67> 2,006) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat terdapat pengaruh multimedia terhadap karakter religius siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 2 Bengkulu Utara, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Perbandingan dari hasil skor angket siswa pada kelas ekperimen dengan nilai rata-rata kelas ialah 83,63, sedangkan skor angket siswa pada kelas kontrol sebesar 78,94. Perbandingan dari hasil skor lembar observasi siswa pada kelas ekperimen dengan nilai rata-rata kelas ialah 81,15, sedangkan skor Lembar observasi siswa pada kelas kontrol sebesar 77,13.Dengan melihat hasil nilai rata-rata hasil skor angket dan lembar observasi siswa dari kedua kelas tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rataskor siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata pada kelas kontrol yang hanya menggunakan media visual dan audio saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Karakter Religius. Pendidikan Agama Islam (PAI). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:08 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 03:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3519 |
Actions (login required)
View Item |