STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI DI RUMAH TAHFIDZ BAKTI ILAAHI BENGKULU)

Wulandari, Sari (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI DI RUMAH TAHFIDZ BAKTI ILAAHI BENGKULU). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SARI WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu cara yaitu menghafalnya. Menghafal kalamullah yang jumlahnya begitu banyak meurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi begi seorang santri yang merangkap sebagai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an ditinjau dari sudut pandang ustad/ustadzah dan santri di rumah tahfidz bakti ilaahi kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan dengan teknik analisis data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran tahfidzul qur’an yang diterapkan di rumah tahfidz bakti ilaahi adalah dengan menumbuhkan rasa nyaman dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun strategi yang diterapkan santri dalam menghafal “tidak beralih pada ayat selanjutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal”. Sedangkan sistem pembelajaran dilakukan dengan 2 kali setoran dan 1 kali muroja’ah setiap harinya kecuali hari libur. (2) faktor pendukung meliputi: siswa, guru, lingkungan, kecerdasan dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat meliputi: rasa malas, faktor usia siswa, keluarga, hafalannya kesusul dengan teman, bacaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:41
Last Modified: 17 Sep 2019 07:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item