MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN

Wulani, Tira (2019) MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TIRA WULANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tira Wulani, NIM: 1516330005, 2019, “Manajemen Pelayanan Jamaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan” Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui manajemen pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam tahun 2019, serta memperoleh gambaran faktor pendukung dan penghambat pada saat melakukan pelayanan kepada jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam. Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang terjadi dalam proses pelayanan ibadah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam tahun 2019, seperti permasalahan dalam proses pendaftaran terdapat ketidaksinkronan dokumen identitas diri jamaah haji antara dokumen pendukung dan dokumen utama jamaah haji. Selain itu karena faktor usia, adanya jamaah haji lansia yang tidak mempunyai dokumen pendukung sebagai syarat pendaftaran. Permasalahan pada pemahaman materi bimbingan haji oleh jamaah haji, karena faktor usia, ekonomi dan faktor pendidikan yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman materi bimbingan haji. Permasalahan ini menuntut staf seksi penyelenggara haji untuk melakukan pelayanan dengan penjelasan yang ekstra, sederhana, jelas dan mudah dipahami. Sampai pada permasalahan jaringan Sitem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang sering mengalami loading lama karena gangguan jaringan internet sehingga menghambat proses pelayanan dan menimbulkan kesan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam bersifat lambat.Dalampenelitianinimenggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metodedeskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen pelayanan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam dimulai dari aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang bekerja sama dengan Lembaga Pemerintahan yang membantu menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kota Pagar Alam antara lain: pelayanan pendaftaran haji, pembatalan haji, pengusulan jamaah haji lansia, penggabungan mahram yang mendaftar terpisah, bimbingan manasik haji, pembagian kelompok regu dan kelompok rombongan serta pelayanan perlindungan jamaah haji. Adapun faktor penghambat yang dihadapi dapat diatasi dengan adanya faktor pendukung dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Haji
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 18 Sep 2019 01:17
Last Modified: 12 Mar 2020 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item