POTENSI PEDAGANG BERAS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI PERSEPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Setudi Kasus Pasar Tradisonal Percontohan Panorama Kota Bengkulu)

Herawati, Emelda (2019) POTENSI PEDAGANG BERAS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI PERSEPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Setudi Kasus Pasar Tradisonal Percontohan Panorama Kota Bengkulu). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
EMELDA HERAWATI.pdf

Download (970kB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana perilaku pedagang beras dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Tradisional Percontohan Panorama Kota Bengkulu, (2) Bagaimana potensi pedagang beras dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Tradisional Percontohan Panorama Kota Bengkulu ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi pedagang beras dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Percontohan Panorama Kota Bengkulu. untuk mengetahui potensi pedagang beras dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Percontohan Panorama Kota Bengkulu ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan kajian pustaka dangan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verification. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) potensi pedagang beras dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Tradisional Percontohan Panorama Kota Bengkulu 87,5 persen (%) para pedagang melakukan penjualan beras secara tidak jujur. Sedangkan para pedagang yang melakukan kejujuran dalam berjualan beras 12,5 persen (%). Mayoritas para pedagang melakukan penjualan beras secara tidak jujur, mencampurkan beras yang baru dengan beras yang sudah usang, untuk meningkatkan harga jual, agar memperoleh keuntungan yang lebih besar. (2) perilaku yang dilakukan para pedagang beras di Pasar Tradisional Percontohan Panorama masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam. Dikarenakan masih ada prinsip-prinsip dari etika bisnis Islam yang dilanggar yaitu prinsip tauhid, bertanggung jawab, keseimbangan dan keadilan, kejujuran, kehendak bebas dan ketulusan hati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Pendapatan, Etika Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 01:03
Last Modified: 29 Jun 2020 08:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item