Puti Andini, Ratih (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEDUDUKAN DALAM KELUARGA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 05 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
RATIH PUTI ANDINI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya kesenjangan pada hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Padahal guru telah menerapkan pembelajaran sebaik mungkin akan tetapi hasil belajar Siswa belum terlalu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode bermain peran dan metode pembelajaran Tanya jawab dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas II SD Negeri 05 Kota Begkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi penelitian adalah kelas II sebanyak 93 orang dengan sampel yang diambil 40 orang yakni kelas IIA dan IIB sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran bermain peran dengan metode pembelajaran Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 05 Kota Begkulu. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji “t” pada kedua kelompok diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,286 > 2,021).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Bermain Peran Dan Metode Pembelajaran Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Sisw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:44 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3570 |
Actions (login required)
View Item |