IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE TIME PIE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 149 DESA AIR KEMUNING KABUPATEN SELUMA

Saputra, Yoza (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE TIME PIE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 149 DESA AIR KEMUNING KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YOZA SAPUTRA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, permasalahan utama adalah rendahnya kreativitas belajar siswa kelas III SDN 149 Desa Air Kemuning Kabupaten Seluma pada mata pelajaran IPA. Sehubungan dengan hal itu, maka penelitian model Value Time Pie yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kreativitas belajar siswa kelas III SDN 149 Desa Air Kemuning Kabupaten Seluma pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan sebanyak tiga siklus telah berjalan baik, baik dari aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes belajar siswa tiap siklusnya mengalami peningkatan. Dimana pada kemampuan awal (pre-tes) diperoleh hasil belajar siswa sebanyak 41,6% dengan nilai rata-rata 55. Untuk itu peneliti melakukan siklus I, presentase diperoleh mencapai 58,3% dengan nilai rata-rata 60. Sedangkan jumlah skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,00 (cukup), aktivitas guru pada siklus I adalah 2,38 (cukup). Peneliti melanjutkan penelitian k siklus II karena pada siklius I belum tercapai KKM. Pada siklus II presentasi mencapai 66,6% dengan nilai rata-rata 68,3. Jumlah skor aktivitas siswa pada siklus II adalah 2,30 (baik), aktivitas guru pada siklus II adalah 2,38 (baik). Peneliti melanjutkan siklus ke III, karena pada siklus ke II belum sesuai dengan kkm yang di inginkan. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 91,6% dengan nilai rata-rata 75. Jumlah skor aktivitas siswa pada siklus III adalah 2,61 (baik), aktivitas guru pada siklus III adalah 2,69 (baik). Dengan menggunakan model Value Time Pie kreativitas belajar siswa di SDN 149 Desa Air Kemuning mengalami peningkatan yang baik. Karena siswa lebih mudah mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Serta siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Value Time Pie , dan Kreativitas Belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:05
Last Modified: 09 Mar 2020 08:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item