PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Permata Sari, Nova (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NOVA PERMATA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 76 Kota Bengkulu. Model pembe-lajaran yang digunakan adalah model PBL. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 76 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan yaitu eksperimen semu atau Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes (Pretest dan Posttest) dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan SPSS 1.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 76 Kota Bengkulu. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan Anava Satu Jalur ( uji oneway anava). Hasil analisis data hasil belajar menggunakan software SPSS 1.6 diperoleh data nilai Sig >0,05 data memiliki varians yang sama, nilai rhitung sebesar 1. 515 dan nilai signifikansi sebesar 0,023. Karena P Value (sig) = 0,023 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:05
Last Modified: 29 Jun 2020 04:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item