UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Fitri, Nur (2019) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NUR FITRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif yaitu menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ditujukan pada siswa kelas IV Tunagrahita berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara dan observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha guru dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di kelas IV harus diajarkan secara khusus dan terbimbing, guru melakukan pendekatan pada anak dengan cara membimbing mengajarkan anak secara individual, memotivasi anak serta memberi pembinaan agar belajar dengan bersemangat dan bersungguh-sungguh. Guru juga harus dapat memahami setiap anak apa yang bisa membuat mereka menyukai pembelajaran, karena ABK ini memiliki kekurangan, hambatan dari segi pengetahuan, kemampuan dan fisiknya serta ditandai oleh keterbatasan inteligensi dan ketidakcakapan dalam komunikasi sosial, guru harus lebih mengetahui hambatan dan kesulitan pada anak saat belajar, kesulitan belajar membaca dan menulis juga dapat dikarenakan faktor mempengaruhinya antara lain faktor internal (faktor dari dalam) dan faktor eksternal (faktor dari luar). Anak tunagrahita di kelas IV rata-rata anak di sini memiiki taraf IQ nya di bawah rata-rata 70. Guru SLB Negeri 1 Kota Bengkulu di kelas IV tunagrahita telah berupaya mengajarkan anak membaca dan menulis dengan menggunakan metode kartu huruf menyusun huruf-huruf acak membentuk sebuah kalimat, mengajarkan secara individual mendatangi anak di setiap tempat duduknya, serta meminta anak membaca satu-persatu kedepan kelas, Karena adanya sebuah pembinaan dan pendekatan upaya pengajaran dari guru disini beberapa anak sudah mulai perlahan mengetahui, memahami dan mengerti saat pembelajaran, walaupun masih terdapat beberapa anak yang kesulitan dalam membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Keterampilan membaca dan menulis, ABK, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:06
Last Modified: 08 Oct 2020 01:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item