IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI STRATEGI COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 74 KOTA BENGKULU

Herliani, Elsi (2019) IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI STRATEGI COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 74 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ELSI HERLIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanmendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 60 Kota Bengkulu.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalah PTK Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam tentang upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan cara mengkaji dan menganalisis secara reflektif, partisipatif dan kolaboratif terhadap pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode diskusi, terhadap guru, siswa, kondisi sosial kelas serta kendala dan masalah apa yang dihadapi selama berlangsungnya proses pembelajaran di kelas.PTK dilaksanakan demi perbaikan dan/atau peningkatan praktek pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesional pendidikan yang diemban guru. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada peningkatan kemampuan berbicara dari kegiatan pre test, siklus I dan siklus II. Skor rata-rata yang diperoleh pada kegiatan pre test sebesar 63,875, dengan rincian bahwa nilai antara 60 - 69 ada 31 siswa (77,5%) dan termasuk kategori Kurang. Siswa yang memperoleh nilai 70 - 79 ada 9 siswa (22,5%) termasuk kategori Cukup. Adapun kategori Baik dengan nilai antara 80 - 89 dan kategori Amat Baik dengan nilai 90 - 100 belum dicapai satu siswa pun. Siswa yang memperoleh nilai antara 70 - 79 ada 17 siswa (42,5%) termasuk kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai 80 - 89 ada 11 siswa (27,5%) termasuk kategori Baik dan siswa yang memperoleh nilai antara 90 – 100 ada 7 siswa (17,5%) dengan kategori amat baik. dari tindakan siklus II 35 siswa dikatakan dalam kategori Tuntas, Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) pada pelajar Bahasa Indonesia SDN 60 Kota Bengkulu yaitu 70. Hasil penelitian membuktikan bahwa tindakan penerapan metode diskusi dapat diandalkan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 60 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2017 dengan sesuai Standar Kompetensi Belajar Minimum yang telah ditentukan oleh sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara dan diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:06
Last Modified: 06 Mar 2020 07:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item