Yelita Sari, Yebby (2019) PENGGUNAAN METODE BERMAIN DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI BILANGAN PECAHAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
YEBBY YELITA SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, serta kurangnya guru memanfaatkan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran. Perumusan masalah dari dalam peneitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kartu domino untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikpada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media permainan kartu domino pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kartu domino pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode permainan kartu domino pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDN 40 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang siswa.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengukuran ketuntasan belajar klasikal siswa dan persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kartu domino di kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu terbukti efektif di terapkan dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan model ini siswa lebih terlibat aktif, dan mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode permainan kartu domino di kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 74,17 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 70,83% dan belum dinyatakan tuntas, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yaitu skor rata-rata peserta didik sebesar 81,46 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,67% dan dinyatakan sudah tuntas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain, media kartu domino, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:06 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:32 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |