HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 70 KECAMATAN KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

Ardella, Mitsi (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 70 KECAMATAN KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MITSI ARDELLA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut Goleman, kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbangkan 20% bagi kesuksesan seseorang, sedangkan 80% merupakan sumbangan dari faktor kekuatan-kekuatan yang lain, diantaranya kecerdasan emosional atau disebut Emotional Quotient (EQ), yakni suatu kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati, serta kemampuan bekerja sama. Dalam proses belajar, kedua inteligensi baik IQ dan EQ sangat diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Namun biasanya kedua inteligensi itu saling melengkapi. Keseimbangan antara IQ dan EQ merupakan kunci keberhasilan belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa Kelas V di SD Negeri 70 Kecamatan Kelam Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif, sedangkan pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian yaitu40 siswa Kelas V SD Negeri 70 Kecamatan Kelam Tengah. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Uji validitas data angket dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment.Ujinormalitas datanyamenggunakan rumus uji Chi Kuadrat (hitung), sedangkan pengujian hipotesis data menggunakan uji komparatif yaitu korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwadari uji korelasional product moment, dapat diketahui bahwa hasil rxy sebesar 0,519. Kemudian dilanjutkan dengan melihat rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 40 orang pada taraf signifikan 5% sebesar0,312, yang artinya lebih besar dari rtabel, 0,519 ≥ 0,312. Angka tersebut menunjukkan adanya korelasi atau hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar siswadiKelas V SD Negeri 70 Kecamatan Kelam Tengah.Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.Adanya korelasi atau hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar siswadiKelas V tersebut, hal ini dikarenakan siswa yang kecerdasan emosionalnya tinggi dapat memperoleh nilai prestasi belajar yang tinggi. Dengan demikian dapat penulis buat kesimpulan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dapat memperoleh nilai prestasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HubunganKecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:06
Last Modified: 06 Mar 2020 07:14
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item