PENGARUH MEMBACA INTENSIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 129 SELUMA

Helmitasari, Helmitasari (2019) PENGARUH MEMBACA INTENSIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 129 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
HELMITA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan dalam pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran keterampilan membaca, baik guru maupun siswa mengatakan bahwa membaca intensif itu sulit. Hal ini disebabkan, guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca hanya menugaskan siswa membaca apa yang ada di dalam buku tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki. Di samping itu, teknik mengajar yang digunakan kurang bervariasi, hanya menggunakan metode dikte dan ceramah saja menjadikan motivasi belajar siswa menjadi rendah ditambah dengan sarana dan prasarana yang belum memadai di sekolah iniRumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh membaca intensif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 129 Seluma. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh membaca intensif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 129 Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh membaca intensif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 129 Seluma. Diperoleh nilai thitung 2,521 lebih besar dari t tabel 2,04 hal ini berarti thitung > ttabel, maka Ha yang menyatakan terdapat terdapat pengaruh membaca intensif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 129 Seluma. Dengan demikian membaca intensif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Membaca Intensii, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:07
Last Modified: 23 Jun 2020 03:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item