STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU

Dwi Monica, Silvia (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SILVIA DWI MONICA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Dalam proses pembelajaran, guru yang mengajar dan murid yang diajarkan dan saling berhubungan dengan mata pelajaran atau satuan pendidikan tertentu. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi mengunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Dengan menguasai keterampilan berbicara peserta didik akan mampu mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara cerdas sesuai konteks dan situasi pada saat sedang berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri 89 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian maka upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan terlebih dahulu yang diawali dengan meningkatkan kompetensi guru dengan mengadakan pelatihan-pelatihan mengenai desain pembelajaran di dalamnya termasuk pemilihan pendekatan pembelajaran, yaitu pendekatan pragmatik. Pendekatan ini diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Fakror pendukungnya adalah dukungan dari kepala sekolah, guru lain dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Bahasa Indonesia, Strategi Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:29
Last Modified: 13 Oct 2020 01:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item