Puspita Sari, Yesi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI ALAT PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
YESI PUSPITASARI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode mind mapping pada materi alat pernapasan pada kelas V. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 76 Kota Bengkulu. hal ini diduga karena pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami dan mempelajari sesuatu yang asing dan baru terutama dalam pelajaran IPA yang memilliki materi luas dan perlu penghafalan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Strategi maupun metode yang diterapkan oleh guru dirasa kurang tepat sehingga materi yang akan diberikan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Atas pertimbangan peneliti terdorong untuk menelitinya dengan rumusan masalah : apakah terdapat pengaruh metode Mind Mapping Terdadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V di SDN 76 Kota Bengkulu? Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 76 Kota Bengkulu, terdiri dari tiga kelas, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t menggunakan SPSS Versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi alat pernapasan kelas V di SDN 76 Kota Bengkulu. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil posttest siswa kelas VB dengan nilai ratarata sebesar 66,22 dan hasil belajar kelas VC dengan nilai rata-rata sebesar 56,08 dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Mind Mapping dan yang tidak menggunakan metode Mind Mapping. Berdasarkan hasil pengujian uji “t” terhadap kedua kelompok diperoleh = 5,217 dan = 1,666 dengan taraf signifikan 5% maka hipotesis Ha diterima
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 07:07 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3591 |
Actions (login required)
View Item |