Eka Putri, Julia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 05 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
JULIA EKA PUTRI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 05 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemiss dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. A SMP Negeri 05 Bengkulu Selatan sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 37%, siklus I meningkat menjadi 62% dan siklus II meningkat menjadi 87%. Adapun hasil observasi guru pada siklus satu mendapatkan skor 44 skor dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 53 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 29 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 49 skor dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Learning Cycle, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 07:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 07:25 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3599 |
Actions (login required)
View Item |