PENGARUH PERMAINAN ICE BREAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Aziz, Fadhilah (2019) PENGARUH PERMAINAN ICE BREAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
FADHILAH AZIZ.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semangat siswa yang kurang semangat dalam belajar yang dimana masih banyak anak-anak yang kurang fokus ketika guru sedang menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Guru masih jarang menerapkan permainan ice breaker di dalam kelas sehingga anak menjadi kurang semangat dalam belajar. Masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas VII A dengan rata-rata nilai 66 dengan jumlah siswa sebanyak 6 orang yang mencapai nilai tuntas di atas KKM sedangkan pada kelas VII C dengan rata-rata nilai 63,57 dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang yang mencapai nilai tuntas di atas KKM. Dari data tersebut yang berhasil tuntas sebanyak 19,6% siswa yang mencapai nilai di atas KKM dan yang tidak tuntas sebanyak 80,4% siswa yang tidak mencapai nilai di atas KKM yang menggambarkan pembelajaran PAI masih rendah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari permainan ice breaker pada mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu sebanyak 289 siswa. Yang dimana peneliti mengambil 2 kelas yaitu kelas eksperimen di kelas VII A dan kelas kontrol di kelas VII C dengan jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 28 orang. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest berupa pilihan objektif sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap uji “t” berdasaarkan dari hasil pengujian uji “t” yang dilakukan, diperoleh thitung = 4,62 sedangkan ttabel dengan df 54 (56-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,005. Dengan demikian thitung > ttabel (4,62 > 2,005) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu kesimpulannya terdapat pengaruh permainan ice breaker dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ice Breaker, Hasil Belajar PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:20
Last Modified: 22 Jun 2020 07:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item