Guswenti, Mirna (2019) IMPLEMENTASI METODE DIROSA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI WAHDAH ISLAMIYAH BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
MIRNA GUSWENTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatar belakangi fenomena kemampuan membaca AlQur’an yang masih rendah. Banyak upaya yang dilakukan umat muslim untuk senantiasa menjaga dan melestarikan Al-Qur’an. Salah satunya melalui metode Dirosa. Metode ini bisa digunakan dalam 20x pertemuan, tetapi realitasnya belum mencapai 85% untuk percepatan hasil penyelesaian metode pembelajaran Dirosa. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti adalah perbedaan tingkat pemahaman santri yang berbeda-beda dan pola asuh orang tua terhadap anak yang tidak memberikan pembelajaran agama khususnya membaca Al-Qur’an sejak kecil. Bukan hanya hal itu, peneliti juga mengetahui masih banyak peserta didik yang kurang menyadari lemahnya tajwidul Qur’an dan para santri yang sibuk dengan kegiatannya sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mengidentifikasi dan memahami implementasi metode Dirosa dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi santri di Wahdah Islamiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana pendekatan kualitatif lebih menekankan data dan informasi dari kehidupan nyata guna memecahkan masalah-masalah praktis yang ada di masyarakat. Dimana berusaha menelaah fenomena sosial dalam suasana yang berlangsung secara wajar dan alamiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Murobbi/pendidik, Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Bengkulu dan para santri karena ingin mengidentifikasi data-data yang lebih akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Keabsahan data menggunakan Trianggulasi Data. Teknik analisis data yaitu data reduction, data display, dan data conclusion/verivication. Hasil penelitian dan hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa implementasi yang telah dilaksanakan dengan metode Dirosa dapat meningkatkan kemampuan Santri di Wahdah Islamiyah. Dalam hal ini dilihat dengan adanya perubahan santri dalam kemampuan membaca Al-Qur’an seperti aspek mengenal huruf-huruf hijaiyah, makharajul huruf, dan tajwid serta pemahaman dasar-dasar Islam yang menjadi kelebihan metode ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Dirosa dan Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:21 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 08:31 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |