STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI SISWA SLOW LEARNERS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 158 SELUMA

Yati Ningsih, Resmi (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI SISWA SLOW LEARNERS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 158 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RESMI YATI NINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Negeri 158 Seluma terungkap, bahwa guru belum bisa menerapkan strategi pembelajaran kepada siswa Slow Learners. Anak-anak Slow Learners di sekolah-sekolah umum banyak yang kurang mendapat perhatian dan motivasi dari guru, disebabkan oleh kemampuan anak yang terbatas. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learners dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 158 Seluma. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembelajaran bagi siswa slow lerners kelas V di SD N 158 Seluma? Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu hasil wawancara dengan informan dari SDN 158 Seluma, yakni Kepala Sekolah, guru kelas V yang berjumlah 1 orang, siswa slow learner (lamban belajar) kelas V serta orang tua siswa slow learner di kelas V Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengatasi anak slow learner di SDN 158 Seluma kelas V, yakni dengan menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran seperti menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan sistem individual dan pendekatan remedial, kemudian metode yang digunakan guru pada anak/siswa slow learner adalah metode ceramah, tanya jawab, latihan-latihan, demonstrasi dengan alat peraga, metode reward punishment dan penugasan, selanjutnya langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanan pembelajaran yakni guru koordinasi dengan kepala sekolah dan orang tua siswa yang bersangkutan, kemudian membimbing sendiri anak yang lambat belajar terus kita bimbing kekuranganya, salah satunya dengan membentuk mereka dalam satu kelompok kecil dan diberikan les tambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Slow Learner, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:23
Last Modified: 13 Oct 2020 01:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item