Rahayu, Tri (2019) UPAYA GURU DALAM PEMBINAAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
TRI RAHAYU.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa adanya upaya guru dalam pembinaan sikap sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SLB Negeri 01 kota Bengkulu. Bahwa usaha guru dalam pembinaan sikap sosial sangat berperan penting terhadap tingkah laku dan pendidikan siswa. Sekolah sebagai tempat sarana belajar dalam pembinaan sikap sosial dan kebutuhan anak agar ia dapat diterima dilingkungan sekitarnya. Guru memegang peran penting dalam menetukan keberhasilannya, maka dari itu guru perlu melakukan upaya yang ingin di tujuh dalam membina siswa baik dalam usaha membina emosional siswa, tingkah laku siswa, cara bersikap siswa, dan cara berteman dengan teman sebayanya untuk mencapai sebuah jalan keluar. Upaya yang guru lakukan adalah dengan cara memberi pembinaan, nasehat, motivasi, arahan, dan pembelajaran bagi siswa tersebut, karena siswa berkebutuhan khusus tidak mampu bersosial, tetapi karena adanya sebuah pembinan dari guru anak sudah mulai perlahan memahami dan mengerti, serta dapat berbaur dengan teman sebyanya walaupun terkadang masih sering berkelahi. Maka dari itu guru harus mempunyai jiwa konsling yang baik untuk pembinaan siswa berkebutuhan khusus karena anak tersebut bukan berarti anak yang tanpa hambatan melainkan anak yang penuh dengan tantangan dalam 82 83 pembinaannya, karena bagi guru di SLB Negeri 01 Kota Bengkulu pembinaan sikap sosial lebih penting dari pada sebuah pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:34 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 01:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3650 |
Actions (login required)
View Item |