STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING SECARA FISIK PADA SISWA DI SMPN 02 KOTA BENGKULU

Sari, Novita (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING SECARA FISIK PADA SISWA DI SMPN 02 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
NOVITA SARI.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi yang kami lihat di SMPN 02 Kota Bengkulu bahwasanya kami menemukan adanya aksi bullying secara fisik yang dilakukan siswa di sana cukup tinggi. Sehingga membuat kami melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying secara fisik yang dilakukan siswa, bagamana strategi guru PAI dalam menangani perilaku bullying secara fisik pada siswa serta ingin mengetahui apa saja hambatan serta solusi dalam menangani permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan informan penunjangnya adalah Kepala Sekolah, waka kesiswaan, guru BK, guru, satpam dan siswa di kelas VIII E. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan narasumber dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh kami menggunakan teknik triangulasi dengan melakukan pengambilan data secara ulang apabila ada data yang belum jelas. Berdasarkan data yang diperoleh ditemukanlah hasil penelitian sebagai berikut yakni bentuk-bentuk aksi bullying yang dilakukan anak seperti mendorong badan teman, menendang, memukul, mendorong kepala, dan sebagainya. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam menangani perilaku bullying secara fisik ada dua, pertama dengan menggunakan strategi ceramah, yakni memberikan arahan dan nasehat kepada siswa, kedua adalah menggunakan strategi hukuman, yakni mencubit, membersihkan wc, lari keliling lapangan serta hukuman lain yang hal tersebut dilakukan setelah melakukan runding dengan pihak sekolah dan orang tua siswa. Dalam merealisasikan strategi tersebut guru PAI mendapati beberapa hambatan mulai dari siswa yang tidak mempan dinasehati, orang tua yang kurang memahami perilaku anak di sekolah, guru yang memberi contoh kurang baik serta belum adanya aturan tertulis dari sekolah terhadap bullying. Sehingga solusi yang dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan kepada siswa secara terus menerus, memberitahukan aktivitas siswa kepada orang tua dengan baik, guru merubah perilaku menjadi lebih baik lagi serta akan didiskusikan mengenai pembuatan aturan terhadap bullying dengan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI dan Bullying Secara Fisik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:37
Last Modified: 13 Oct 2020 01:44
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item