PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KAUR

Witriani, Lidia (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
LIDIA WITRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh antara implementasi kurikulum 2013 terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kaur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi adalah seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kaur yang berjumlah 250 orang. Pengambilan sampel 25% dilakukan secara acak (random sampling) yang berjumlah 21 orang dari seluruh kelas VIII yang berjumlah 86 orang. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analis yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji hipotesis, dan uji linieritas, setelah itu diolah koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,653 > 0,632), dengan Taraf signifikan 5% dengan N = 21 adalah 0,632. Artinya terdapat hubungan implementasi kurikulum 2013 terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kaur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Minat belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:38
Last Modified: 16 Jun 2020 06:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item