PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Renawati, Renawati (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 60 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RENAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode inquiri melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPA siswa kelas SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV IVA SD Negeri 60 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode inquiri melalui diskusi kelompok dalam pembelajara IPA pada sub pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya dapat meningkatkan ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 42,30% pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 88,46 %. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPA pada sub pokok bahasan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya dengan metode inquiri melalui diskusi kelompok termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiri, Diskusi Kelompok, Hasil Belajar, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:57
Last Modified: 23 Mar 2020 01:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item