Raharjo, Arie (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MUSIK PIANIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
ARIE RAHARJO.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media musik pianika terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas IV A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas IV B 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes oleh peneliti dengan pengisian lembar tes maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media musik pianika berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media musik pianika dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar dimana dari hasil uji “t” post test kedua kelompok,di peroleh thitung = 3,82 sedangkan ttabel dengan df 40 pada taraf singnifikan 5% yaitu 2,02. Dengan demikian, thitung > t tabel (3,82 > 2,02) yang berarti hipotesis (Ha) diterima, Terdapat pengaruh media musik pianika terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV MI Nurul Huda Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media musik pianika, hasil belajar seni musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:38 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 07:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3679 |
Actions (login required)
View Item |