PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN MEDIA AUDIO- VISUAL PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 51 KOTA BENGKULU

Sukma, Harti (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN MEDIA AUDIO- VISUAL PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 51 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
HARTI SUKMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sudah banyak yang melakukan penelitian dengan mengangkat tema mengenai media Audio-Visual dan Media Audia, tetapi penelitian tentang perbedaan dalam penggunaan kedua media tersebut terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang diajar dengan menggunakan media audio dengan media audio-visual pada kelas V di SD Negeri 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas VA berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan VB berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media audio-visual dengan media audio sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji-T. Dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 2,659 sedangkan ttabel dengan df 42 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,018. Demikian thitung > ttabel (2,659 > 2,018) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V yang di ajarkan dengan menggunakan media Audio-visual lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Audio di SDN 51 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia Posttest kelas VA lebih tinggi dibandingkan kelas VB dan terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang diajar dengan menggunakan media audio dengan media audio-visual pada kelas V di SD Negeri 51 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:38
Last Modified: 29 Jun 2020 07:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item