PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN (IPA) KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU

Oktaviani, Septa (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN (IPA) KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SEPTA OKTAVIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Walaupun sudah banyak yang mengangkat tentang model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran Number Head Together (NHT), namun penelitian tentang perbandingan kedua model tersebut dalam mata pelajaran IPA belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas 5 yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas 5A berjumlah 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas 5B berjumlah 31 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran Number Head Together (NHT) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal Pilihan Ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pada hasil posttest siswa kelas 5A yang menggunakan Model Pembelajaran Inquiry yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 31 orang siswa (93%) mendapatkan nilai 60 sampai 100 sedangkan hasil belajar kelas 5B yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) sebanyak 31 orang siswa (81%) mendapatkan nilai 50 sampai 90. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 4,352 dan nilai ttabel untuk df= 60 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,000. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,352 > 2,000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas 5 yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry lebih baik daripada menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) di SDN 66 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiry dengan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:39
Last Modified: 29 Jun 2020 07:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item