PENGARUH STRATEGI KONSTRUKTIVIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Ardiansi, Sesna (2019) PENGARUH STRATEGI KONSTRUKTIVIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SESNA ARDIANSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil ulangan akhir hanya mencapai 50% dan belum mencapai batas minimal ketuntasan klasikal yaitu sebesar 75% dengan nilai KKM yang Fiqih sebesar 75. Artinya separuh dari siswa kelas VII belum tuntas dalam pembelajaran Fiqih meskipun nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah tinggi akan tetapi perbedaan nilai antar siswa yang satu dengan yang lainnya sangat mencolok. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan quasi eksperimental yang mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 6,59 sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu dapat diterima. Prestasi belajar fiqih siswa yang menggunakan strategi konstruktivis lebih baik dari pada yang menggunakan metode konvensional dalam pada pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil ulangan akhir hanya mencapai 50% dan belum mencapai batas minimal ketuntasan klasikal yaitu sebesar 75% dengan nilai KKM yang Fiqih sebesar 75. Artinya separuh dari siswa kelas VII belum tuntas dalam pembelajaran Fiqih meskipun nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah tinggi akan tetapi perbedaan nilai antar siswa yang satu dengan yang lainnya sangat mencolok. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan quasi eksperimental yang mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 6,59 sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu dapat diterima. Prestasi belajar fiqih siswa yang menggunakan strategi konstruktivis lebih baik dari pada yang menggunakan metode konvensional dalam pada pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Strategi Konstruktivis Sosial, Prestasi Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil ulangan akhir hanya mencapai 50% dan belum mencapai batas minimal ketuntasan klasikal yaitu sebesar 75% dengan nilai KKM yang Fiqih sebesar 75. Artinya separuh dari siswa kelas VII belum tuntas dalam pembelajaran Fiqih meskipun nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah tinggi akan tetapi perbedaan nilai antar siswa yang satu dengan yang lainnya sangat mencolok. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan quasi eksperimental yang mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih atau mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 6,59 sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi konstruktivis terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu dapat diterima. Prestasi belajar fiqih siswa yang menggunakan strategi konstruktivis lebih baik dari pada yang menggunakan metode konvensional dalam pada pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Strategi Konstruktivis Sosial, Prestasi Belajar, Fiqih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:49
Last Modified: 29 Jun 2020 07:23
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item