Adawiyah Nasution, Robiatul (2019) PENERAPAN METODE POSTER COMMENT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
ROBIATUL ADAWIYAH NASUTION.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Persoalan yang terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Kota Bengkulu adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode poster comment dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode poster comment dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada sub bahasan mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa dapat meningkatkan ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 70% pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 90% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 30%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada sub bahasan mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa dengan menggunakan metode poster comment termasuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Poster Comment, Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:55 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:34 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3712 |
Actions (login required)
View Item |