PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP BUDI MULIA KOTA BENGKULU

Herlina, Pespi (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP BUDI MULIA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
PESPI HELINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah Siswa tidak disiplin dalam berpakaian, Siswa seringkali terlambat masuk kelas ketika waktu masuk mata pelajaran PAI, yang saya lihat sebagian siswa ada yang dikantin, dan ada yang berada di Warung Internet (Warnet) yang letaknya persis di depan pekarangan sekolah. Hal ini tentunya sangat disayangkan sekali, sehingga pantaslah jika hasil akhir dari mata pelajaran PAI tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sistem penyampaian yang dilakukan oleh guru yang ada di sana dalam pembelajaran memakai metode yang tidak variatif sehingga kelas membosankan. Guru hanya menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan papan tulis, cerama dan tanya jawab saja, sehingga siswa hanya belajar memahami apa yang di ceritakan oleh gurunya. Sekolah tersebut belum mengenal yang namanya media, seperti media gambar, LCD, poster, dan sebagainya. Kondisi lingkungan sekolah yang berada di pinggir jalan lalu lintas pengangkutan batu bara, ini merupakan salah satu faktor ketidak disiplinan siswa yang berda di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PAI. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data yaitu random sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dengan metode Person product Moment, uji reliabilitas menggunakan metode alfa Cronbach, sedangkan uji hipotesis dengan melihat ttabael ternyata df 18 pada tarab signifikan 5% sebesar 2.101 dan tarab signifikan 1% sebesar 2,878 dengan demikian thitung ttabel atau 3,386 . Artinya kedisiplinan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, maka dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Hasil penelitian menunujukan kedisiplinan siswa mempunyai pengaruh yang kuat terhadap hasil pendidikan agama Islam khususnya pada mteri akhlak terpuji. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi sebesar 0,624 atau 62 , sehinnga ini dapat dikelompokan pada interprestasi dan berada pada nilai ruang anatara 0,60-0,799. Perbandingan yang ada menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam pada materi akhlak terpuji di SMP Budi Mulia Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kedisiplinan, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:03
Last Modified: 16 Jun 2020 06:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3723

Actions (login required)

View Item View Item