PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CERTANLY OF RESPONSE INDEX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI AIR BELITI KECAMATAH TUAH NEGERI KABUPATEN MUSI RAWAS

Erpiana, Mellyn (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CERTANLY OF RESPONSE INDEX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PGRI AIR BELITI KECAMATAH TUAH NEGERI KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MELLYN ERPIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada bahwa guru mengunakan model yang belum bervariasi masih menggunakan metode konvesional yang berpusat pada guru, siswa sebagai pendengar membawa dampak pada kejenuhan siswa, seinga siswa tidak berperan aktif bahkan berfikir kritis siswa urang mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penempatan model pembelajaran Certanly Of Response Index dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP PGRI Air Beliti Kecamatan Tuah Negri Kabupaten Musi Rawas Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemiss dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. SMP PGRI Air Beliti kabupaten Musi Rawas sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan teknik analisis data unggulan persentase Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Certanly Of Response Index dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 34,28% siklus I meningkat menjadi 68,57% dan siklus II meningkat menjadi 88,57%. Adapun hasil observasi guru pada siklus I mendapatkan skor 40 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 50 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 26 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 42 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model Learning Cycle, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:07
Last Modified: 23 Mar 2020 01:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item