PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI SD NEGERI 64 BENGKULU SELATAN DESA SUKA NANTI KECAMATAN KEDURANG

Emilia, Deska (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI SD NEGERI 64 BENGKULU SELATAN DESA SUKA NANTI KECAMATAN KEDURANG. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
DESKA EMILIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Bagaiman peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SDN 64 Bengkulu Selatan? 2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar anak di SDN 64 Bengkulu Selatan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. dengan subjek penelitian pihak SD Negeri 64 Bengkulu Selatan yang merupakan mediator antara orang tua murid dengan SD Negeri 64 Bengkulu Selatan dan 3 orang tua siswa kelas V serta 6 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SDN 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti kecamatan Kedurang adalah memberikan semangat terhadap diri anak akan pentingnya suatupendidikan untuk masa depan anak, sebagai fasilitator terhadap segala kegiatan anak, menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga, memberikan motivasi kepada anak untuk selalu meningkatkan prestasi belajar mereka, sebagai tempat bertanya dan mengaduh terhadap hal-hal yang menjadi permasalahan anak, memberikan arahan yang jelas untuk masa depan anak-anaknya. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar anak yaitu faktor intern dari dalam diri anak maupun faktor ekstern dari luar diri anak, faktor lingkungan, orang tua, dan motivasi, kondisi anak, bahkan kondisi guru pun berpengaruh. Faktor dari dalam diri anak merupakan kesadaran dalam diri anak bahwa belajar saat ini adalah kepentingan dirinya pada masa mendatang. Faktor dari luar adalah kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua untuk mendorong anaknya dalam belajar. Orang tua menyerahkan sepenuhnya pendidikan pada guru dan orang tua sibuk dengan mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran, Oarang Tua, Minat Belaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:10
Last Modified: 29 Jun 2020 07:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item