PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 118 PEMATANG RIDING KABUPATAN SELUMA

Mulyani, Tri (2019) PENGARUH MEDIA PAPAN BERPAKU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 118 PEMATANG RIDING KABUPATAN SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
TRI MULYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media papan berpaku dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen design dengan pendekatan nonequivalent group posttes only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas VB berjumlah 28 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan media papan berpaku Berdasarkan hasil uji one sampel T Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,05. Ini berarti nilai Sig. (2-tailed lebih besar dari 0,05 berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian thitung > ttabel (8,141 > 2,005) yang berarti (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma. Dengan demikian penerapan media papan bergamar tersebut telah peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V di SDN 118 Pematang Riding Kabupaten Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Papan Berpaku, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:10
Last Modified: 23 Jun 2020 03:35
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item