PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PERKALIAN) SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Oktalia, Winda (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PERKALIAN) SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
WINDA OKTALIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika perkalian Kelas III SD Negeri 76 Kota Bengkulu, Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.Peneliti mengambil kelas III A dan III B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol 23 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk penelitian kuantitatif. dan teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Setelah kemampuan preetest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan model pembelajaran realistic mathematic education (RME) pada kelas III. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar yaitu Dari hasil belajar yaitu 76,8 dan kelas kontrol 60,4. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar matematika kelas kontrol terdapat analisis diatas dapat disimpulkan bahwa pada kelas III , terdapat: 10 siswa dikelompok atas/tinggi (43,5%), 7 siswa dikelompok tengah/sedang ( 30,4%), dan 6 siswa dikelompok bawah/rendah (26,1%). Sedangkan pada kelas eksperimen terdapat: 3 siswa dikelompok atas/tinggi (13%), 17 siswa dikelompok tengah/sedang ( 74%), dan 3 siswa dikelompok bawah/rendah (13%). Dengan ttabel ditentukan dahulu df atau db = (N1 + N2) – 2= (23 + 23) – 2 = 44. Berdasarkan perhitungan diatas, apabila dikonsutasikan dengan ttabel dengan df 44 (46-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,015. Dengan demikian thitung > ttabel (3,153 > 2,015) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 76 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:15
Last Modified: 29 Jun 2020 04:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item