Nadia, Dwi (2019) KREATIVITAS GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I DI SD NEGERI 92 DESA BANDU AGUNG KECAMATAN KAUR UTARA KABUPATEN KAUR. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
DWI NADIA.pdf Download (934kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas I di SD Negeri 92 Desa Bandu Agung, dan untuk mengetahui hambatan kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas I di SD Negeri 92 Desa Bandu Agung. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas I dinilai belum dilaksanakan secara maksimal. Guru telah memanfaatkan media belajar dengan baik pada mata pelajaran tertentu, walaupun pada mata pelajaran yang lain belum menggunakan media yang mendukung pelajaran. Guru juga belum mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan strategi belajarmengajar yang menarik, dikarenakan guru kurang menerapkan permainan yang edukatif pada siswa Kelas I. Akan tetapi guru telah menciptakan iklim belajar yang kondusif dengan cara sering mengatur ruangan kelas dan mengajak siswa untuk bernyanyi agar dapat menghilangkan rasa jenuh ketika belajar; 2) Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas I diantaranya kurangnya sumber dan media belajar milik sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru, masih sulitnya mengatur siswa ketika sedang belajar dikarenakan mereka masih suka bermain-main, motivasi siswa yang masih rendah untuk belajar secara sungguh-sungguh, sehingga kedisiplinan siswa belum terbina dengan baik. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung diantaranya kesukaan guru membaca buku-buku metode pembelajaran sehingga menambah pengetahuannya tentang kreatifitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti pelatihan-pelatihan tentang kreatifitas guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreatifitas, Guru Kelas I, Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 03:16 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:45 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3747 |
Actions (login required)
View Item |