Sentika, Emilia (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DAPAT MENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII A DI SMPN 14 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
EMILIA SENTIKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di SMPN 14 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemiss dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. A SMP Negeri 14 Seluma sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 43%, siklus I meningkat menjadi 63% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun hasil observasi guru pada siklus satu mendapatkan skor 33 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 58 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 26 skor dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 43 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode the learning cell, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd.I irfan ahmad |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 08:12 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3754 |
Actions (login required)
View Item |