PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Andhika, Caca (2019) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
CACA ANDIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsentrasi belajar dipengaruhi banyak faktor, diantaranya adalah kemajuan telnologi informasi, seperti permainan game online di internet. Dimana apabila siswa sudah kecanduan bermain game online maka siswa akan lupa untuk belajar dan saat mengikuti proses belajar mengajar tidak akan konsentrasi. Apabila dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tidak konsentrasi maka hasil belajar tidak akan optimal. Begitu juga pada siswa SMK Negeri 2 Kota Bengkulu, dimana berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengamatan saat kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berlangsung, terlihat sebagian siswa kurang konsentrasi belajar dan sebagian siswa sering bermain game online. Oleh sebab itu penulis terdorong untuk menelusuri apakah kurang konsentrasinya siswa dalam belajar karena pengaruh bermain game online, dengan permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI jurusan TKR pada SMK Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI jurusan TKR pada SMK Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI jurusan TKR di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang siswa kelas XI jurusan TKR. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMK Negeri 2 pada umumnya bermain game online secara berlebihan kisaran 25%. Siswa yang bermain game secara berlebihan mengakibatkan konsentrasi belajarnya menurun. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian maka disarankan pada siswa untuk tidak bermain game online secara berlebihan dan kepada guru untuk memberikan sanksi bagi siswa yang bermain game pada saat berada di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game online, Konsentrasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:48
Last Modified: 23 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item