RELEVANSI PENERAPAN METODE DENGAN MATERI AJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 72 SELUMA

Susanti, Eka (2019) RELEVANSI PENERAPAN METODE DENGAN MATERI AJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 72 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
EKA SUSANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang akan di capai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Relevansi Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Materi Ajar Pada Pelajaran PAI di SDN 72 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (kualitatif) dengan menggunakan teknik keabshan data penelitian Sugiono. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah guru sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi ,teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Milles dan Hubberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa belum ditemukanya relevansi antara metode dengan materi ajar yang diterapkan guru PAI karena beberapa hal diantaranya kesulitan menyusun RPP dan menetukan metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, ketika guru menyampakain materi tentang mengartikan surah pendek pilihan hanya menggunakan metode ceramah, hanya menjelaskan dan siswa mendengar. Padahal ada metode lain yang bisa diterapkan seperti metode tanya jawab dan praktek. Guru pendidikan agama Islam harus di berikan pelatihan mengenai cara pembuatan perangkat pembelajaran, sering belajar dengan guru yang sudah lama mengajar tentang bagaimana cara pembuatan perangkat pembelajaran dan mementukan metode dan media berdasarkan data yang yang terkumpul dan analisis yang penulis lakukan secara cermat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Materi Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:49
Last Modified: 15 Oct 2020 01:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3762

Actions (login required)

View Item View Item