ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN BUNDA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH

Sastriawan, Miki (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RUMAH MAKAN BUNDA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
MIKI SASTRIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) strategi pemasaran Rumah Makan Bunda Jl. Telaga Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. 2) strategi pemasaran Rumah Makan Bunda Jl. Telaga Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan perspektif pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian diambil secara purpssive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah penulis paparkan maka dapat diambil kesimpulan, bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rumah Makan Bunda dalam meningkatkan penjualan produk adalah : Produk Rumah Makan Bunda memberikan variasi yang menarik dan unik pada setiap produk yang ada sehingga menarik para konsumen menjadi pelanggan loyal serta selalu menjaga kebersihan tempat. Harga yang ada pada Rumah Makan Bunda bervariasi tergantung jenis sayurnya. Rumah Makan Bunda tidak pernah meluncurkan pesan iklan untuk mempengaruhi khalayak konsumen. Satu-satunya cara yang dilakukan perusahaan berkaitan dengan promosi ini disamping menjadi bagian Rumah Makan Bunda yaitu, melalui kualitas produk yang terjamin, waktu pengerjaannya yang tepat. Strategi pemasaran syariah yang diterapkan Rumah Makan Bunda meliputi konsep: Maisir ialah judi, bertaruh, baik dengan uang atau benda. Pada Rumah Makan Bunda ini tidak ada konsep Maisir karena pemilik usaha tidak mendapatkan keuntungan dengan cara mudah dan licik. Gharar pada konsep Rumah Makan Bunda tidak dilaksanakan karena setiap transaksi sudah jelas barangnya. Harga jelas sehingga transaksi jual beli jelas. Ketika objek yang diperjualbelikan ini adalah haram, maka transaksi nya menjadi tidak sah. Pada Rumah Makan Bunda ini tidak ada haram karena produk yang dijual adalah produk halal. Tidak ada riba yang terjadi pada Rumah Makan Bunda Bengkulu karena ketika pembeli membeli produk rumah makan tidak ada tambahan biaya apapun. Dalam melakukan transaksi, prinsip yang harus dijunjung adalah tidak ada kedzhaliman yang dirasa pihak-pihak yang terlibat pada pembuatan produk Rumah Makan Bunda Bengkulu. Semuanya harus sama-sama rela dan adil sesuai takarannya. Pada konsep ini tidak dilakukan oleh Rumah Makan Bunda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Rumah Makan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:04
Last Modified: 20 Feb 2020 01:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3798

Actions (login required)

View Item View Item