Binti Yunani, Enik (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR HIFDZIL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA 01 PESANTREN DARUSSALAM KEPAHIANG. Masters thesis, IAIN BENGKULU.
|
Text
ENIK BINTI YUNANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan fakta dan fenomena di MAS 01 Darussalam Kepahiang bahwa sebagian siswa belum bisa membaca Al Qur‟an dengan benar, malasmalasan, atau pura-pura sakit ketika membaca Qur‟an. Hal ini merupakan kendala yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran Hifdzil Qur‟an. Sedangkan guru bersertifikasi dan berasal dari alumni pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh eksplanasi faktual baik secara umum maupun secara spesifik dalam menganalisis tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Hifdzil Qur‟an, motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Hifdzil Qur‟an, pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Hifdzil Qur‟an di MAS 01 Pesantren Darussalam Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian expostfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif. Penelitian ini tedriri dari tiga variabel yaitu kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar Hifdzil Qur‟an.Teknik pengumpulan data dengan cara observasi,survei,dan dukumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 guru dan 309 siswa. Dan sampel yang digunakan adalah 32 guru dan76 siswa dengan menggunakan Random Sampling. Selain itu, uji analisis data menggunakan SPSS 22 untuk menjawab rumusan masalah dalam menguji validitas instrumen, uji t dan uji F. Berdasarkan uji t dan uji F X1 terhadap Y, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur‟an 86,6%, sedangkan X2 terhadap Y terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Hifdzil Qur‟an 49,6%. Dan berdasarkan uji secara bersama dalam mencari jawaban hipotesis maka variabel Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 57,6% terhadap variabel hasil belajar hifdzil Qur‟an. Jadi ketiga aspek variabel itu terdapat keterkaitan, tidak dapat terpisahkan karena terdapat pengaruh, dan menimbulkan sebab akibat. Adapun yang paling dominan besar pengaruhnya kompetensi pedagogik guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajr Hifdzil Qur‟an |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Muhammad Yusrizal |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 01:22 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 01:22 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3807 |
Actions (login required)
View Item |