KONDISI PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI (STUDI PERKEMBANGAN KEAGAMAAN PADA TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) PERMATA BUNDA KOTA BENGKULU)

Trisya, Raiza (2019) KONDISI PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI (STUDI PERKEMBANGAN KEAGAMAAN PADA TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) PERMATA BUNDA KOTA BENGKULU). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
RAIZA TRISYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana kondisi psikologis yang terjadi pada anak di Tempat Penitipan Anak(TPA) Permata Bunda Kota Bengkulu, (2) Bagaimana perkembangan keagamaan anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Permata Bunda. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi psikologis dan perkembangan keagamaan anak di Tempat Penitipan Anak(TPA) Permata Bunda Kota Bengkulu. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data mengenai kondisi psikologis anak dan perkembangan keagamaan anak di tempat tersebut, kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) kondisi psikologis anak yang terjadi di TPA Permata Bunda memiliki kondisi psikologis yang (stabil) atau anak sudah dapat menyesuaikan diri dan berinteraksi dengan baik dilingkungan tempat penitipan anak TPA Permata Bunda kemudian anak dengan kondisi psikologis (tidak stabil) memiliki kecenderungan yang mudah menangis, mudah marah, merasa tidak nyaman dan belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. (2) perkembangan keagamaan anak di TPA Permata Bunda terdapat dua perkembangan keaagamaan yang terlihat,pertama, ada anak yang mudah menerima proses pembelajaran dan pemahaman. Misalnya, dalam proses belajar mengambil wudhu, sholat dan belajar mengaji anak sudah bisa menerima pembelajaran tentang pemahaman tersebut dengan baik. Kedua, anak yang sulit menerima pembelajaran tentang keagamaan dalam artian ada anak yang kesulitan dalam belajar membaca, belajar menghapal kemudian belum mampu memahami apa yang disampaikan dan belum bisa mencontohkan apa yang diajarkkan oleh guru pembimbingnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: :Kondisi Psikologis, Anak Usia Dini, Perkembangan Keagamaan dan Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:21
Last Modified: 11 Mar 2020 02:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item