STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 84 KOTA BENGKULU

Susilawati, Yussi (2019) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 84 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
YUSSI SUSILAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) di SDN 84 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) di SDN 84 Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas IV A yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 17 orang siswa (85%) mendapatkan nilai 62,44 sampai 85,06 sedangkan hasil belajar kelas IV B yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sebanyak 14 orang siswa (70%) mendapatkan nilai 60,16 sampai 81,84. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,479 dan nilai ttabel untuk df= 38 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,021. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,479 > 2,021).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:02
Last Modified: 13 Oct 2020 01:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item