PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 51 KOTA BENGKULU

Kumala Putri, Zelfi (2019) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 51 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
ZELFI KUMALA PUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Hasil Belajar lebih baik daripada tidak menggunakan Model Think Talk Write pada Hasil Belajar di SDN 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelas IVA dengan 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB dengan 20 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Think Talk Write sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan soal tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajar menggunakan Think Talk Write Model lebih baik daripada tidak menggunakan Think Talk Write Model di SDN 51 Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikan dalam hasil posttest siswa kelas IVA menggunakan Think Talk Write Model, yaitu pada kategori sedang dan tinggi sebanyak 20 siswa (90%) mendapatkan skor 60,59 hingga 100 sedangkan hasil belajar kelas IVB tidak menggunakan model Think Talk Write adalah 20 siswa (70%) mendapatkan skor 67,51 hingga 78,49. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t yaitu thitung 6,95 dan nilai ttabel untuk df = 38 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,021. Dari analisis ditemukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (6,95> 2,021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:03
Last Modified: 29 Jun 2020 05:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item