SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI 99 SELUMA

Fettri Juliana, Hanipa (2019) SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI 99 SELUMA. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
HANIFA FETTRI JULIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 99 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan,dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan kemandirian terhadap prestasi belajar IPA Siswa SD Negeri 99 Seluma. Hal ini terlihat dari hasil rhitung = 0,891 lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0, 220. Adapun kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, sebesar 89,1%, (2) Terdapat hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa SD Negeri 99 Seluma. Hal ini terbukti dari hasil analisis data diketahui rhitung 0,409 lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0, 220. Dan X2 (motivasi belajar) memberikan kontribusi terhadap variabel Y (prestasi belajar) sebesar 41%, (3) Terdapat hubungan kemandirian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa SD Negeri 99 Seluma. dimana rhitung X1,X2 sebesar 0,944 lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0, 220. Sementara itu, X1 dan X2 memberikan kontribusi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, yakni sebesar 94,4%. Dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Kemandirian, Motivasi Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M.Pd.I irfan ahmad
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:03
Last Modified: 15 Oct 2020 01:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item